Minggu, 18 November 2012

Ada Apa di Tanah Gaza

Metrotvnews.com, Gaza: Gaza merupakan wilayah yang kerap dilanda konflik antara Palestina dengan Israel. Kedua negara tanpa henti memperebutkan Tanah Gaza .Seberapa pentingnya Gaza bagi dua negara yang kerap bertikai itu?

Gempuran dan serangan Israel merupakan pemandangan tak asing di Gaza. Israel berdalih serangan itu merupakan balasan dari gempuran yang dilakukan pemerintahan demokratis Hamas Palestina.

Nyatanya, bukan militer Palestina yang tewas. Namun, serangan Israel justru merenggut nyawa warga sipil. Sejak Israel menyerang, Rabu (14/11), tercatat 21 orang tewas. Lima di antara korban tewas yaitu anak-anak.

Sejarah mencatat Nabi Musa membawa Kaum Bani Israel dari Mesir ke Palestina. Sejak itu, Bani Israel menganggap Palestina sebagai tanah yang 'dijanjikan' untuk mereka.

Kaum Israel pun terus berdatangan. Mereka membuat pemukiman di Palestina. Pemukiman itu kian merajalela setelah Inggris menyerahkan wilayah jajahan itu dari Kerajaan Ottoman Palestina kepada Israel.

Di lain sisi, luas wilayah Palestina bergeser menjadi lebih sedikit. Kini, wilayah Palestina hanya Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Penderitaan warga Palestina belum usai. Perlakuan tentara Israel membuat warga Palestina kian menderita. Kebijakan Israel mengakibatkan banyak nyawa anak-anak Palestina dalam bahaya.

Palestina tak mau tinggal diam. Pada 9 Desember 1987, warga Palestina melawan. Peristiwa itu dinamakan Intifadhah pertama.

Warga Palestina menyerang tentara Israel. Warga Palestina hanya mengandalkan lemparan batu untuk mematikan gempuran Israel yang menggunakan peralatan militer lengkap. Sejak itu, faksi-faksi garis keras Palestina pun terbentuk.

Satu per satu petinggi perlawanan Palestina dihabisi bangsa Yahudi itu. Misalnya saja Presiden Yasser Arafat yang tewas diracun.

Sementara itu, warga Palestina hidup dalam dominasi ekonomi Israel hingga kini. Akibatnya, angka pengangguran di Gaza meningkat. Gaza pun menjadi kota dengan salah satu angka pengangguran tertinggi di dunia.(RRN)

Tidak ada komentar: