Jumat, 20 Juli 2012

HMI Dorong Gerakan Pengelolaan Sampah


WONOSOBO, suaramerdeka.com - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Wonosobo mendorong Pemkab untuk menggalakan gerakan pengelolaan sampah. Keberadaan sampah di kota dingin itu dinilai sudah sangat meresahkan dan mengurangi keindahan kota.
Banyaknya sampah yang ada di sekitar obyek wisata, misalnya, dapat mengurahi pamor wisata. Penyadaran kepada masyarakat tentang penting pengendalian dan pengolahan sampah mutlak dilakukan. Hal itu ditegaskan Ketua HMI Cabang Wonosobo Muhammad Firdaus dalam acara seminar lingkungan di Pendopo Wakil Bupati Wonosobo, Sabtu (14/7).  
Dia mengatakan, kondisi lingkungan saat ini terus mengalami kerusakan sehingga mengakibatkan munculnya potensi bencana dimana-mana. Dalam beberapa tahun terakhir di Wonosobo banyak terjadi bencana, mulai dari longsor, tanah bergerak, banjir bandang, angin puting beliung hingga kebakaran.
Hal itu tentu harus menjadi perhatian semua pihak untuk terlibat dalam upaya penanggulangannya. Dipaparkan, selain mengurangi keindahan, sampah juga menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana. "Banyak saluran irigasi yang tersumbat sampah, terutama yang disekitar jalan raya," ujarnya.
( Rinto Hariyadi / CN27 / JBSM

Tidak ada komentar: